your adv. herebanner

ARCHIPEDDY
 

 

your adv here

 

powered by google

Related Link

Pengadaan Barang dan Jasa Elektronik IndonesiaSaat ini pemerintah Indonesia menggalakkan peningkatan pengadaan mutu barang dan jasa, sehingga penyelenggaraannya harus secara profesional dan melalui tender yang benar-benar terpadu, antara lain melalui elektonok / online di dunia internet

Formula Kimia Untuk Home Industry Cat
Formula Kimia Untuk Home Industry Kosmetik
Kamus Kimia Untuk Home Industry
Iklan Baris
Waralaba/Franchise

 

Google
 
 
 
home bisnis Resep Pembuatan Permen Jelly untuk home industry

taken from: many source


MEMBUAT PERMEN JELLY
Permen jelly adalah permen yang terbuat dari sari buah-buahan atau essens dengan berbagai macam rasa dan bahan pembentuk jel, dengan bentuk fisik jernih transparan serta mempunyai tektur kenyal seperti permen karet. Bahan pembentuk jel yang biasa digunakan antara lain Gelatin, karagenan atau agar-agar. Permen jelly tergolong makanan semi basah, oleh karena itu cepat rusak…maka dari itu perlu pengawet untuk memperpanjang penyimpanannya.
Untuk menghindari lengket antara permen jelly satu sama lainnya maka perlu bahan pelapis yaitu campuran tepung tapioka dan tepung gula dengan perbandingan tertentu yg sudah disangrai selama beberapa menit.

Komposisi Bahan :
Gelatine 165 gr
Glukose 75 gr
Sodium propionat secukupnya
Buffer sitrat
Asam sitrat secukupnya
Gula 150 gram
Pewarna secukupnya
Essens / Sari buah
Air
Peralatan yang digunakan : Wadah, pemanas, pengaduk, termometer & cetakan.
Cara Pembuatannya:
1. Gelatine + Air panas aduk rata sampai larut
2. ( 1 ) + sodium propinat aduk rata sampai larut
3. Glukose + Gula + Air dipanaskan dengan api kecil sampai suhu 110 derajat, kemudian tambahkan asam sitrat + Buffer sitrat sambil di aduk dan dipanaskan sampai 120 derajat lalu matikan.
4. (2 ) + ( 3 ) di aduk rata
5. ( 4 ) + Pewarna + Essens/sari buah… aduk rata
6. ( 5 ) tuang ke loyang atau cetakan, tunggu sampai dingin & kenyal ( kira-kira 1 hari ).
7. Siap diangkat dari cetakan, kemudian taburi dengan campuran tepung tapioka dan gula yang sudah di sangrai.
Khusus untuk permen jelly sari buah :
Pembuatan sari buah kita bisa menggunakan buah-buahan seperti nanas, mangga, jambu, buah naga dll. Kita pilih salah satu buah kemudian kita kupas…dipotong kecil-kecil kemudian di BLENDER …tambahkan air sama dengan berat buah…kemudian di saring dengan kain saring. Hasil sari buah ini bisa diencerkan dengan air dengan perbandingan 1 : 1 ataupun 1 : 2.
Formula di atas sekedar informasi, sedangkan untuk takaran sesungguhnya bisa didapatkan dengan mencoba beberapa kali agar didapatkan cita rasa dan tekstur yang sesuai, karena tiap orang maupun daerah berbeda cita rasanya. Untuk takaran, bisa ditanyakan pada Toko Kimia yang menjual bahan tersebut.

Berikut beberapa resep lain yang bisa dicoba. Kami kelompokkan dalam katagori:

Pembersihpembersih karat, sabun, lysol dll
Pewarna Tinta, Semir
KosmetikPemerah bibir, pewarna kuku
Alat tulisLem, pelarut tip-ex
Catanti karat, cat tembok
Jika Anda ingin mencoba /bereksperimen, bisa lihat daftar bahan kimia yang biasa digunakan di Kamus Kimia Untuk Home Industry

Google
© COPYRIGHT 2012-2018 - www.wiraswasta.archipeddy.com

 

Permen jelly merupakan permen yang terbuat dari sari buah-buahan atau essens dengan berbagai macam rasa dan bahan pembentuk jel, dengan bentuk fisik jernih transparan serta mempunyai tektur kenyal seperti permen karet. Bahan pembentuk jel yang biasa digunakan antara lain Gelatin, karagenan atau agar-agar. Permen jelly tergolong makanan semi basah, oleh karena itu cepat rusak…maka dari itu perlu pengawet untuk memperpanjang penyimpanannya. Untuk menghindari lengket antara permen jelly satu sama lainnya maka perlu bahan pelapis yaitu campuran tepung tapioka dan tepung gula dengan perbandingan tertentu yg sudah disangrai selama beberapa menit. Komposisi Bahan : Gelatine 165 gr Glukose 75 gr Sodium propionat gr Buffer sitrat Asam sitrat secukupnya Gula 160 Pewarna secukupnya Essens / Sari buah Air Peralatan yang digunakan : Wadah, pemanas, pengaduk, termometer & cetakan. Cara Pembuatannya: 1. Gelatine + Air panas aduk rata sampai larut 2. ( 1 ) + sodium propinat aduk rata sampai larut 3. Glukose + Gula + Air dipanaskan dengan api kecil sampai suhu 110 derajat, kemudian tambahkan asam sitrat + Buffer sitrat sambil di aduk dan dipanaskan sampai 120 derajat lalu matikan. 4. (2 ) + ( 3 ) di aduk rata 5. ( 4 ) + Pewarna + Essens/sari buah… aduk rata 6. ( 5 ) tuang ke loyang atau cetakan, tunggu sampai dingin & kenyal ( kira-kira 1 hari ). 7. Siap diangkat dari cetakan, kemudian taburi dengan campuran tepung tapioka dan gula yang sudah di sangrai. Khusus untuk permen jelly sari buah : Pembuatan sari buah kita bisa menggunakan buah-buahan seperti nanas, mangga, jambu, buah naga dll. Kita pilih salah satu buah kemudian kita kupas…dipotong kecil-kecil kemudian di BLENDER …tambahkan air sama dengan berat buah…kemudian di saring dengan kain saring. Hasil sari buah ini bisa diencerkan dengan air dengan perbandingan 1 : 1 ataupun 1 : 2.